Rss

Minggu, 09 September 2012

Mana Lebih Sehat? Toilet Duduk Atau Toilet Jongkok


Kesehatan memang sudah menjadi harga mati didalam kehidupan manusia zaman sekarang, sekarang ini tidak hanya dalam hal memilih makanan saja untuk membantu kita dalam menjaga kesehatan, bahkan sekarang ini memilih dan menggunakan macam closet saja sudah menjadi persoalan dalam kesehatan.

Orang-orang zaman sekarang memang lebih menggemari sebuah toilet atau closed yang duduk alasannya bermacam-macam, seperti lebih rileks, mencegah kram pada saat BAB. Namun ada sebagian orang juga yang memilih toilet jongkok mungkin karena sudah lebih terbiasa.

Sebuah penelitian dari Dr.Dov Sikirov menjelaskan didalam buang air besar posisi jongkok ataupun duduk memiliki pengaruh yang banyak.

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa ketika buang air dalam posisi jongkok itu membutuhkan paling tidak 51 detik untuk memindahkan perutnya, sementara untuk toilet duduk orang membutuhkan paling tidak 130 detik dalam untuk memindahkan perutnya.

Orang-orang lebih terbiasa dengan toilet jongkok yang dirasa lebih nyaman serta mudah, di penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Jepang menunjukan bahwa cairan yang dilepaskan oleh dubur baik dalam posisi jongkok maupun duduk, terungkap bahwa sudut anorektal yang terbentuk pertama yaitu di dalam anus naik hingga 126 derajat dari 100 derajat saat responden yang pindah dari posisi duduk ke jongkok.

Jadi secara terperinci dari sejumlah penelitian di atas di rangkum bahwa dengan menggunakan closet yang berposisi jongkok relatif lebih sehat karena memilki beberapa faktor seperti memudahkan proses pembuangan untuk mencegah terjadinya ketidaknyamanan dalam penggunaan toilet.

Sekian informasih yang dapat saya berikkan semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar