Rss

Minggu, 18 Maret 2018

Sering Minum Jamu Kunyit Asam Saat Haid? Ini Manfaat Lainnya!


Sudah jadi rahasia umum jika saat haid jamu kunyit asam dapat digunakan sebagai pereda nyeri haid,sehingga ketika para perempuan sedang haid mereka akan langsung mengkonsumsi jamu tersebut. Dan nyatanya, minum jamu kunyit asam betul-betul ampuh dalam meredakan nyeri haid.

Pada dasarnya kunyit memang mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik yaitu meredakan nyeri, antipiretik yaitu menurunkan suhu tubuh saat demam, dan antiradang. Dan asam jawa yang dikombinasikan bersama kunyit juga mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang.

Dengan begitu, maka mengkonsumsi kedua campuran bahan alami ini adalah aman. Jika saat haid beberapa wanita mengalami resah, maka dengan mengkonsumsi kunyit asam pikiran akan menjadi lebih tenang. Dan berikut manfaat minum jamu kunyit asam,


Pereda Nyeri Haid
Selain Feminax, Kunyit Asam adalah pereda nyeri haid yang efektif


1.       Pereda Nyeri Haid
Untuk mendapatkan jamu kunyit asam, Anda hanya perlu pergi menemui pedagang jamu. Bahkan sekarang sudah ada dalam bentuk serbuk, sehingga Anda tidak perlu repot meraciknya. Cukup seduh dan ramuan kunyit asam siap diminum.

Dikatakan dapat meredakan nyeri haid adalah karena kunyit mengandung kurkumin yang bekerja dalam mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim. Kandung tersebut juga akan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan penyebab pembengkakan.

Nyeri haid semakin hilang berkat reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Kemudian, kontraksi otot pada rahim akan mereda. Hal tersebut terbukti bahwa kunyit asam adalah pereda nyeri haid terbaik.

2.       Pengendali Gula Darah
Untuk yang mengidap penyakit diabetes, Anda bisa mencoba minum jamu kunyit asam secara rutin. Kunyit telah lama dipercaya mampu menurunkan gula darah, hal ini dikarenakan kandungan anti-inflamasi yang tinggi pada kunyit.
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa penderita prediabetes yang rutin mengkonsumsi kapsul kurkumin, bisa terhindar dari kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

3.       Penurun Berat Badan
Keduanya, yaitu kunyit dan asam jawa sama-sama memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Dan dengan menggabungkan kedua bahan ini tentu khasiat dari kedua bahan alami tersebut semakin maksimal.

Kurkumin yang terkandung pada kunyit adalah suatu antioksidan yang berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Dengan begitu maka resistensi insulin akan menurun berikut dengan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas. Dengan begitu, maka berat badan Anda menjadi lebih stabil dan resiko obesitas berkurang. Tubuh juga akan menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah minum kunyit asam, sehingga cocok juga digunakan sebagai minuman diet.

Kunyit asam tidak hanya efektif digunakan sebagai pereda nyeri haid, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan. Selain itu, kunyit asam juga mengandung antioksidan tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar