Rss

Minggu, 18 Maret 2018

Ternyata Sering Buang Angin Saat Haid Adalah Hal Yang Normal


Permasalah wanita saat datang bulan tidak hanya nyeri haid dan emosional saja, beberapa wanita juga mengeluhkan sering mengalami buang angin. Jika cara menghilangkan nyeri haid para wanita bisa mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid, lalu bagaimana cara mengatasi sering buang angin saat haid?

Dr.Jennifer Ashton, seorang spesialis kandungan dari California, Amerika Serikat menyebutkan bahwa ada dua kemungkinan mengapa beberapa wanita sering buang angin saat haid. Pertama adalah disebabkan oleh fluktuasi hormon dan struktur anatomi tubuh.

1.       Perubahan Hormon
Seorang praktisi kesehatan wanita sekaligus anggota American Sexual Health Association, Susan Wysocki mengungkapkan bahwa pada dasarnya ada dua hormon yang paling menonjol sejak dimulainya siklus menstruasi hingga ovulasi terjadi. Hormon pertama yakni estrogen, yaitu hormon yang berperan besar dalam proses pramenstruasi hingga ovulasi. Selanjutnya, hormon progesteron yaitu hormon yang berperan besar dalam fase setelah ovulasi.

Dikatakan, perubahan kedua hormon ini selama menstruasi tidak hanya berpengaruh pada emosional. Saluran gastrointestinal (GI) yang berkaitan dengan sistem pencernaan ternyata juga ikut terpengaruh oleh dua hormon ini.

Saluran GI terhubung langsung dengan hormon progesteron yang dapat menyebabkan relaksasi usus atau bahkan kejang usus. Hal itu lah yang menjadi penyebab kenapa banyak wanita mengalami diare saat menstruasi. Selain itu, ketika hormon progesteron melemaskan otot polos di usus, sembelit juga bisa terjadi. Kondisi ini memungkinkan adanya penumpukan gas yang menyebabkan perut kembung. Gas berlebih inilah yang akhirnya dikeluarkan oleh tubuh melalui kentut saat Anda menstruasi.

2.       Struktur Anatomi Tubuh
Sering buang angin saat haid selain terjadi akibat hormon ternyata juga diakibatkan oleh struktur anatomi tubuh. Rahim berada di depan usus dan usus besar Anda dan beberapa ilmuwan berteori bahwa kontraksi uterus dapat menyebabkan pergerakan usus yang dapat mengakibatkan perut kembung dan menyimpan banyak gas.

Jadi saat otot pada rahim berkontraksi, efeknya tidak hanya terjadi nyeri haid saja, tetapi juga menyebabkan perut kembung dan menyimpan banyak gas. Untuk Anda yang mengalami nyeri haid dan mencari cara menghilangkan nyeri haid, Anda bisa mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid atau jamu kunyit asam.

Untuk mencegah atau mengurangi buang angin saat haid Anda harus menghindari minuman bersoda dan susu, karena kedua minuman tersebut dapat memicu perut kembung. Sebaiknya konsumsi juga yogurt, karena yogurt juga bisa mengurangi intensitas buang angin saat haid sekaligus menjadi pereda nyeri haid.

Dilansir dari Medical news today, rata-rata orang kentut sebanyak 10 sampai 18 kali per hari. Jika Anda mengalami intensitas lebih dari ini dan merasa perut kembung berlebihan, ada baiknya Anda menemui dokter. Jika Anda mancari cara menghilangkan nyeri haid yang efektif, mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid bisa jadi pilihan.

0 komentar:

Posting Komentar