Rss

Minggu, 07 Juli 2013

Manfaat Teh, Menjaga Berat Badan dan Awet Muda


Teh adalah salah satu minuman yang paling akrab dengan sebagian orang sekarang ini dan minuman ini mengandung kafein yakni sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun juga tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia Sinensis dengan air panas, teh juga memiliki kelompoknya tersendiri seperti teh putih, teh hijau, teh hitam dan juga teh oolong.

Komposisi pada teh mengandung sejenis antioksidan yang disebut dengan katekin. Pada daun teh segar, kadar katekin mampu mencapai angka 30% dari berat kering. Teh Hijau serta Teh Putih sendiri mengandung katekin yang cukup tinggi sedangkan teh hitam memiliki katekin lebih sedikit daripada teh yang lainnya karena katekin hilang dalam proses oksidasi.

Orang selalu menjadikan teh sebagai minuman pengisi waktu luang, teh juga memiliki berbagai macam manfaat sejak ribuan tahun lalu dari berbagai belahan dunia seperti meningkatkan daya tahan tubuh. Memang itu tidak bisa dipungkiri lagi, menurut sebuah studi ada sederet manfaat teh yang bisa didapatkan oleh tubuh dari menjaga berat badan hingga membuat awet muda: 


1. Bantu Jaga Berat Badan

Dengan ekstrak teh hijau bisa membuat lemak dalam tubuh terhambat, menurut sebuah studi dari Journal Obesity pada tahun 2011 menjelaskan bahwa tikus yang diberi diet tinggi lemak dan teh hijau pertambahan berat badannya cenderung lebih lambat daripada tikus yang tidak diberikan teh hijau.

2. Kurangi Stress

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh hitam bisa mengurangi kadar hormon stress pada peserta peneliti tersebut, teh hitam juga dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu penelitian lain juga menemukan bahwa kafein dalam teh dapat membantu  mengurangi resiko diabetes secara keseluruhan.

3. Menjaga Penglihatan

Penelitian yang diadakan di tahun 2010 menemukan bahwa komponen teh hijau memiliki efek positif dalam jaringan mata apalagi yang berkaitan dengan retina. Membuat penglihatan mata menjadi lebih terjaga.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Teh Hijau memiliki kandungan yang dapat meningkatkan fungsi endotel sehingga membuat jantung anda lebih kuat, tapi anda harus menghindari penambahan susu ke dalam teh karena itu bisa membuat khasiat teh berkurang.

5. Awet Muda


Siapa sih yang tak ingin terlihat awet muda? Berbagai macam multi vitamin di konsumsi entah itu multi vitamin yang alami atau yang buatan. Teh sebagai multi vitamin alami bisa membantu anda dalam memperbanyak produksi elastin dan kolagen yang dapat berguna untuk menghambat sebuah kerutan.

0 komentar:

Poskan Komentar