Rss

Senin, 17 November 2014

5 Keuntungan Investasi Reksadana Yang Perlu Anda Ketahui


Belakangan ini cara berinvestasi dengan reksadana menjadi salah satu trend bagi beberapa investor dalam hal berinvestasi. Tidak salah jika Reksadana menjadi media berinvestasi terlebih jika reksadana terbaik dan tepat yang menjadi pilihan.

Ketertarikan masyarakat luas untuk berinvestasi reksa dana mulai meningkat, seiring dengan makin maraknya program acara dan literasi di berbagai media mengenai perencanaan keuangan.

Banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa di dapatkan oleh investor terkait dengan dana yang dihasilakan pada reksadana. Selain itu, reksadana juga dapat dibeli secara langsung dari lembaga yang mengelola yakni manajer investasi. Dengan fakta inilah, mengapa dengan mudahnya investasi reksadana ini begitu di gandrungi oleh investor saat ini.

Selain mudah, Investasi Reksadana juga memiliki beragam keuntungan yang ternyata sangatlah banyak. Tidak sedikit mereka yang tertarik berinvestasi dengan reksadana karena melihat prospek dari keuntungan yang semakin meningkat.


Berikut beberapa keuntungan lengkap yang bisa di dapatkan oleh Investor pada reksadana.

1. Kenyamanan dan Kemudahan Berinvestasi

Dengan mempercayakan modalnya di reksadana untuk dikelola oleh Manager Investasi profesional berarti investor tidak perlu lagi berpikir sepanjang hari untuk memilih efek yang akan dijadikan portofolio investasinya.

Berinvestasi di rekadana termasuk sangat mudah karena selain prosesnya yang relatif simple, Anda juga diberikan beberapa pilihan berinvestasi sesuai dengan resiko dan keuntungan yang akan di dapatkan kedepannya.

2. Memperkecil Resiko

Rekadana memiliki pola pembagian resiko yang biasa disebut dengan diversifikasi. Diversifikasi atau biasa disebut juga penyebaran berinvestasi dalam portofolio akan memperkecil risiko, karena dana atau kekayaan Reksadana diinvestasikan pada berbagai jenis efek sehingga risikonya pun juga tersebar.

Memiliki beberapa jenis saham kemungkinan resikonya akan lebih kecil dibandingkan apabila Anda memiliki satu jenis saham saja. Dengan adanya diversifikasi ini, Reksadana semakin ungggul dan penting karena dengan modal yang relatif kecil saja Anda sudah dapat menanamkannya di berbagai jenis investasi pasar modal.

3. Keringanan Pajak

Jika Anda berfikir bila berinvestasi reksadana akan dikenakan pajak sebagai tagihan rutin Anda, maka hal tersebut salah.

Hasil keuntungan dan penjualan kembali reksadana sudah dikenakan pajak final maka anda tidak akan dikenai pajak tambahan. Dengan kata lain, keuntungan yang di dapatkjan dari Reksadana sudah bersih tanpa potongan pajak.

4. Kemudahan Pencairan

Likuiditas merupakan instrumen yang sangat penting dalam berinvestasi. Dalam reksadana, membuka kembali unit penyertaan sangatlah terbuka sehingga sifat dari Investasi ini sangat likuid dan mudah untuk diuangkan kembali dengan cara yang sangat efisien.

Dengan demikian, Pemodal dapat mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap saat sesuai ketetapan yang dibuat masing-masing Reksadana sehingga memudahkan investor mengelola kasnya.

5. Biaya Rendah, Harga Terjangkau

Karena reksadana merupakan kumpulan dana dari banyak pemodal dan kemudian dikelola secara profesional, maka sejalan dengan besarnya kemampuan untuk melakukan investasi tersebut akan menghasilkan pula efisiensi biaya transaksi.

Biaya transaksi akan menjadi lebih rendah jika dibandingkan dengan dana investor sendiri dalam jalur bursa. nvestasi melalui reksa dana relatif lebih ringan biayanya dibandingkan bila Anda melakukannya sendiri.

Keringanan biaya pada Reksadana ini dikarenakan pengelola investasi menghimpun dana dalam skala besar sehingg adapat mengalokasikan secara ekonomis jumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh si investor.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan dalam investasi reksadana. Sudahkah Anda menetapkan hati untuk melakukan investasi reksadana?

0 komentar:

Poskan Komentar