Rss

Kamis, 23 Oktober 2014

Sejarah Dibalik Kue-Kue Terkenal Yang Ada Di Dunia


Kue termasuk salah satu kudapan spesial yang banyak digemari semua orang. Belakangan ini, popularitas Kue menjadi sangat spesial karena bukan saja rasanya yang menjadi daya tarik tetapi juga bentuk dan dekorasinya yang spesial.

Banyak kue terkenal yang memiliki popularitas, namun tahukah kamu jika beberapa kue sudah dibuat sejak zaman dulu dan tidak hanya eksis baru-baru ini saja?

Kue-kue tersebut diantaranya adalah Blackforest, Cheese Cake, hingga dua jenis cake yang sangat digemari saat ini yaitu Cupcake dan Red velvet.


Banyak cerita dibalik penamaan dan pembuatan keempat cake tersebut. Apa sajakah sejarah dibalik cake-cake terkenal tersebut? simak kisah dan penjelasannya berikut ini.

1. Blackforest

Kue Blackforest adalah kue terkenal yang berasal dari Jerman. Di negara asalnya kue ini bernama Schwarzwälder Kirschtorte, dimana Blackforest terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser.

Melihat dari sisi sejarahnya, Kue ini memiliki banyak versi yang berkembang seiring dengan semakin meroketnya popularitas Blackforest.

Diantara begitu banyak versi sejarah dari Blackforest, yang paling terkenal adalah Kue ini dinamakan sesuai dengan dengan daerah tempat pertama kali dibuat yaitu sekitar tahun 1915 oleh seorang pembuat kue bernama Bad Godesberg.

2. Cheese Cake

Cheese cake merupakan kue dengan keju sebagai bahan dasar utama. Sejarahnya kue ini sudah ada sejak 200 tahun sebelum Masehi. Bahkan di zamannya, kue itu dibuat sajiaan saat pertandingan olahraga seperti olimpiade.

Menurut sejarah, awal resep Cheese Cake dibuat oleh seorang penulis bernama Aethaneus yang mana pada saat itu, Cheese Cake dibuat dari campuran susu kambing hingga susu domba.

Dalam perkembangannya, Cheese Cake termasuk salah satu kue yang mudah di terima oleh masyarakat terlebih pada zaman dahulu kue ini dibawa juga oleh banga Romawi yang menjajah negara Yunani.

3. Red Velvet

Kue berwarna merah ini sanagt terkenal karena memiliki rasa manis dan keunikan tersendiri. Menurut sejarahnya, Red Velvet pertama kali populer sejak dijual oleh Hotel waldorf-Astoria di New York pada 1920-an.

Istilah Velvet sendiri berasal dari kebiasaan masyarakat pada saat ini yang banyak menggunakan kata-kata yang melambangkan kesan mewah mulai dari velvet, exquisite, smooth hingga sulky.

Banyak yang mengira warna merah pada Red Velvet adalah bahan kimiawi namun menurut resepnya sendiri warna merah tersebut merupakan perpaduan antara baking soda dan bubuk kokoa dengan sayuran Bit.

4. Cupcake

Cupcake merupakan kue imut dengan banyak hiasan variatif sehingga kepopuleran kue ini begitu cepat dan fenomenal di dunia. Kue yang pertama dikenal di daratan Amerika ini baru mulai dipopulerkan pada abad ke-19.

Menurut sejarahnya, kue unik yang bisa Anda beli di Toko Cupcake Jakarta ini disebut cupcake karena pada masa itu ibu rumah tangga yang pertama kali mengolahnya menggunakan cangkir yang berat dan awalnya bukan dinamakan cupcake melainkan kue 1234 lantaran mudah sekali diingat berdasar jumlah bahan-bahan pembuatannya.

Itulah sejarah dibalik beberapa kue unik dan populer tersebut. Diantara keempat kue ini, mana favoritmu?

0 komentar:

Poskan Komentar