Rss

Selasa, 09 September 2014

Ulasan Tentang Posisi Tidur Yang Sehat Untuk Tubuh


Tidur adalah salah satu dari sekian banyak aktivitas kesehatan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain bermanfaat untuk membuat peredaran darah menjadi lancar, tidur juga bermanfaat untuk membuat kondisi badan menjadi segar kembali.

Berbicara tentang tidur, faktanya 150 juta manusia di dunia ini sering mengalami gangguan posisi tidur baik yang ringan maupun yang berat. Selain Insomnia, gangguan tidur yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah posisi tidur yang kurang nyaman.

Posisi tidur sangatlah berpengaruh kepada kualitas tidur seseorang dari mulai mendengkur hingga mengalami gangguan kesehatan maupun sosial lainnya.


Umumnya banyak orang yang sering kesulitan mendapatkan posisi tidur karena tidak menggunakan kasur kesehatan yang baik untuk tubuh.

Selain itu, dengan beragamnya posisi tidur, banyak orang yang sering mencobanya satu persatu namun tahukah kamu jika tidak semua posisi tersebut menyehatkan? untuk lebih jelasnya lagi, berikut pembahasan tentang 3 posisi utama saat tidur.

1. Tidur Terlentang

Terlentang adalah salah satu posisi tidur yang sering baik untuk kesehatan. Posisi tidur ini dipercaya dapat mencegah sakit punggung dan sakit pada leher serta dapat mencegah naiknya asam lambung pada setiap orang.

Alasan sehatnya tidur terlentang dipercaya karena posisi wajah yang menghadap keatas dan juga posisi ini juga baik untuk kesehatan kulit sehingga berkurangnya keriput pada wajah seseorang.

Meskipun sehat, tetapi bagi Anda yang sering mendengkur sangat disanrankan untuk menghindari posisi ini. Tidur terlentang juga dapat menimbulkan gangguan pernapasan sehingga bagi penderita asma sangat perlu untuk menguranginya.

2. Tidur Tengkurap

Tengkurap adalah salah satu posisi tidur yang kurang direkomendasikan oleh banyak ahli. Faktanya meskipun sangat sering di gunakan oleh banyak orang, tetapi posisi tidur tengkurap snagatlah tidak dianjurkan oleh dokter karena tidak membuat tubuh beristirahat dengan nyaman.

Tidur dengan posisi tengkurap juga akan membuat seseorang terus bergerak pada saat tidur karena merasa kurang nyaman sehingga tidurnya pun menjadi tidak nyaman sepanjang malam.

Selain kurang sehat, posisi tengkurap saat tidur juga dapat menyebabkan sakit pada punggung dan leher serta memperparah kerutan pada wajah.

3. Tidur dengan posisi Miring

Dari sekian banyak posisi tidur, miring merupakan posisi tidur yang paling banyak disarankan oleh dokter ketimbang posisi tidur lainnya.

Dengan tidur menyamping, tubuh dapat beristirahat dengan nyaman dan bebas gangguan. Tidur menyamping juga dipercaya dapat mencegah sakit punggung dan leher, mengurangi dengkuran, mencegah refleks asam lambung, dan memperlancar sirkulasi khususnya untuk ibu hamil.

Dengan posisi tidur menyamping Anda juga dapat merasakan berkurangnya insomnia dan gangguan pernafasan saat tidur sehingga secara keseluruhan posisi ini adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan posisi tidur lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar