Rss

Selasa, 30 September 2014

Manfaat Tidur Dengan Lampu Kamar Gelap


Setelah seharian berkativitas, ketika malam hari tubuh harus diistirahatkan dengan maksimal. Untuk mengembalikan stamina, Tidur menjadi kunci terpenting untuk mengembalikan energi dalam tubuh.

Untuk membuat kenyamanan saat tidur diperlukan beberapa element penunjangnya seperti bantal, guling dan juga suasana kamar yang nyaman. Di samping itu, tahukah kamu jika nuansa kamar yang gelap adalah nuansa tidur yang paling sehat dan baik untuk kesehatan?


Faktanya kebanyakan dari Anda mungkin akan kesulitan tidur pada malam hari jika lampu kamar dalam keadaan menyala. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga Anda lebih menyukai tidur dalam kondisi kamar yang gelap.

Selain membuat waktu tidur lebih nyaman, tidur dengan lampu kamar gelap juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Apa sajakah itu? simak manfaatnya berikut ini.

1. Hormon melatonin

Penelitian menujukan bahwa tidur dalam keadaan lampu yang mati, dapat membuat tubuh menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghasil imun terhadap penyakit.

Dengan manfaat inilah, mengapa lampu kamar harus dan mesti di matikan ketika Anda akan tidur serta beristirahat di malam hari.

2. Lebih cepat terlelap

Selain membantu tubuh untuk memproduksi hormon kekebalan, mematikan lampu saat malam hari juga akan membuat Anda lebih cepat terlelap.

Tidur yang lelap sangatlah diperlukan oleh tubuh, sehingga secara tidak langsung akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan segar saat bangun di pagi hari.

Selain itu, dengan mematikan lampu saat tidur juga dapat menjadi senjata ampuh dalam membuat tubuh terhindar dari rasa letih dan lesu saat pagi hari.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Ketika tidur dengan lampu yang mati, secara tidak langsung hal tersebut dapat berimbas pada kesehatan dan kinerja Otak Anda.

Tidur dalam gelap dapat membuat otak bekerja dengan baik sehingga berimbas pada kesehatan dan menghindari Anda dari pikun terlebih saat memasuki usia lanjut. Selain itu, tidur dengan nuansa gelap juga dapat menghilangkan stress karena pikiran akan terelaksasi saat gelap.

Jika diibaratkan, Tidur dengan suasana kamar gelap juga dapat diartikan sebagai meditasi ringan bukan saja untuk kesehatan Otak tetapi juga untuk menstabilkan emosi.

4. Mengurangi resiko global warming

Selain harus menggunakan kasur kesehatan yang dapat dibeli dari toko kasur springbed murah di kota Anda, tidur dengan lampu yang dimatikan juga secara tidak langsung dapat mengurangi resiko gelobal warning di bumi kita.

Hal tersebut dikarenakan, penggunaan energi listrik saat malam hari lebih besar bisa berdampak terhadap global warning, selain itu mematikan lampu pada malam hari juga akan menghemat biaya listrik Anda.

Itulah beberapa manfaat tidur dalam keadaan gelap. Dengan manfaat yang dimilikinya, Anda pun tidak harus ketakutan karena tidur dalam gelap sangatlah menyehatkan bagi tubuh.

0 komentar:

Poskan Komentar