Rss

Senin, 18 Agustus 2014

5 Trik Mencegah Sakit Punggung Saat Tidur


Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa diganti. Dengan fungsinya sebagai keadaan mengistirahatkan tubuh, Tidur haruslah berkualitas agar dapat membuat keadaan tubuh menjadi sehat kembali.

Dalam beberapa kasus, banyak orang yang sering mengeluhkan keadaan susah beristirahat salah satunya adalah Insomnia. Selain Insomnia, tidak sedikit pula orang yang mengalami keadaan sakit punggung baik sebelum maupun sesudah tidur.

Selain menyakitkan, sakit pada punggung tentu saja juga dapat membuat tidur semakin terganggu dan juga dapat mempengaruhi kesehatan.


Agar tidur Anda terhindar dari rasa sakit pada punggung, berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan meredakan sakit punggung yang muncul saat tidur

1. Mandi Malam

Untuk membuat tidur malam Anda menjadi semakin nyenyak, tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas mandi terlebih dengan air hangat yang sangat disarankan.

Mandi sebelum tidur dipercaya dapat membuat tidur menjadi nyenyak serta dapat mengurangi tegangan pada otor dan dapat mencegah otot tegang serta sakit. Sebelum tidur, Anda bisa mandi air hangat dan memijat-mijat bagian leher, pundak, serta punggung untuk meredakan ketegangan.

2. Cek Posisi Tidur

Posisi tidur sangatlah penting untuk membuat kualitas tidur seseorang menjadi sehat. Selain itu, banyak penelitian juga mengungkapkan bahwa posisi tidur dapat meredakan rasa sakit terlebih sakit pada pundak dan punggung.

Orang yang sering tidur telungkup atau menyamping lebih berkemungkinan mengalami sakit punggung atau bangun dengan rasa nyeri di bagian punggung, maka dari itu sebaiknya Anda memperbaiki posisi tersebut dengan melakukan posisi tidur netral atau telentang.

3. Yoga sebelum Tidur

Selain menggunakan kasur berkualitas yang bisa di dapatkan di Toko kasur Online dengan harga terjangkau, sedikit menggerakan tubuh sebelum tidur juga bisa menjadi senjata yang ampuh untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Luangkan waktu sebelum tidur, dan lakukanlah yoga serta bebeapa 'stretching' pada otot punggung, perut, paha belakang, dan lainnya. Yoga tersebut dapat merangsang kesehatan otot dan Anda pun dapat terhindar dari rasa sakit yang mendera.

4. Cek Kasur Anda

Kasur bisa menjadi satu kendala punggung Anda terasa nyeri ketika sedang tidur. Banyak faktor yang melatar belakangi hal tersebut seperti kasur yang sudah tua, atau bahan yang digunakannya tidak memenuhi standar yang berlaku,

Untuk mensiasati rasa sakit tersebut, Anda bisa mengecek kasur sebelum digunakan apakan sudah baik atau belum. Kasur yang berkualitas dan baik untuk tidur biasanya memiliki ciri-ciri kokoh baik pada bagian atas maupun bawahnya serta memiliki tingkat keempukan yang normal.

Jika kasur Anda tidak memnuhi sarat atau sudah berumur lebih dari 10 tahun, maka sudah saatnya Anda membeli kasur yang baru.

5. Memperhatikan berat badan

Kelebihan berat badan bukanlah sesuatu yang sehat terutama jika sudah menyangkut masalah tidur di malam hari. Faktanya kelebihan bobot badan dapat memberikan tekanan yang besar pada tubuh bagian belakang sehingga bisa menyebabkan nyeri pada punggung.

Agar terhindar dari rasa sakit pada punggung, Anda bisa melakukan program diet mulai dari sekarang dan juga berolahraga secara teratur. Selain membantu mengurangi berat badan, hidup sehat juga bisa mengurangi sakit punggung yang Anda rasakan dan tidur nyenyak pun bisa di dapatkan dengan mudah.

0 komentar:

Poskan Komentar