Rss

Minggu, 18 Agustus 2013

6 Manfaat Musik Untuk Kesehatan Kesehatan


Musik adalah salah satu hiburan paling menyenangkan yang menjangkau berbagai lapisan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sudah banyak orang tentunya yang mengerti tentang dampak positif musik bagi kesehatan, memang tak bisa diragukan lagi manfaat luar biasa musik yang menjadi salah satu hiburan sehat.

Ngomong-ngomong sebentar lagi ada konser musik metallica nih jadi jika ada kesempatan cobalah untuk menontonnya, sudah seperti yang saya bahas sebelumnya musik sangat berguna bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat luar biasanya itu? berikut saya rangkum 7 manfaat luar biasa musik untuk kesehatan:


  1. Dengan mendengarkan musik maka kita bisa merubah mood yang buruk menjadi lebih baik. Rileks akan kita dapat dari musik, mungkin inilah alasan seseorang untuk mendengarkan musik saat tidak bahagia. Tapi musiknya juga tergantung jenis musik yang didengarkannya.
  2. Hampir sama dengan poin pertama, dengan mendengarkan musik juga bisa membuat mental menjadi lebih stabil.
  3. Dalam sebuah penelitian dari University of Utah, dengan memutar musik yang riang akan mampu membuat seorang pasien kanker hingga wanita yang baru saja melahirkan menjadi lebih tenang.
  4. Musik karya Mozart mampu membantu tikus dalam menjalani transplantasi jantung, tak hanya untuk tikus ternyata manusia juga. Dalam beberapa studi telah menyimpulkan bahwa musik dapat memperbaiki daya tahan tubuh.
  5. Ada sebuah tempat rehabilitasi di Finlandia yang sengaja menggunakan musik seperti klasik, jazz dan pop untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.
  6. Musik dengan kecepatan 60 beat/menit dianggap mampu membuat kinerja otak kanan dan kiri, cobalah untuk mendengarkan musik karya Mozart atau Antonio Vivaldi.

0 komentar:

Poskan Komentar