Rss

Selasa, 16 Juli 2013

Tips Sehat Puasa Untuk Penyandang Diabetes


Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia, penyakit ini menjadi penyakit yang sering dialami oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Bahkan ironinya Indonesia merupakan negara keempat terbesar di dunia penyandang diabetes, kenapa penyakit ini bisa terjadi? Hal tersebut tak terlepas dari daya tahan tubuh seseorang yang melemah karena tidak melakukan pola hidup sehat dan makan tak teratur.

Siapa yang bilang bahwa penyakit Diabetes akan kesulitan untuk berpuasa? Meskipun pada puasa pola makan sedikit telat tapi penyandang diabetes bisa berpuasa, lalu bagaimana cara untuk berpuasa bagi pengidap diabetes?


1. Lihat Kadar Gula Darah

Anda lihat dulu kadar gula darah masing-masing, apakah masih stabil atau tidak? Caranya dengan memantau hal tersebut sebanyak beberapa kali dalam sehari, ini sangatlah penting dilakukan khuunya oleh para pengidap diabetes tipe 1 ataupun penyandang diabetes tipe 2 yang ketergantungan pada suntikan insulin. Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter tentang jadwal cek gula darah yang harus anda lakukan dalam sehari.

2. Konsultasi Dokter

Lebih baik tanya terlebih dahulu kepada dokter tentang niat anda untuk menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh fitri ini. Jadi dokter juga bisa memeriksa kesiapan tubuh anda dan memberikan suggest untuk membantu anda dalam melaksanakan ibadah puasa, kalau perlu sih dokter pasti akan menyesuaikan jenis dan juga dosis obat-obatan yang Anda konsumsi selama berpuasa.

3. Perhatikan Sinyal Tubuh

Kendati banyaknya persiapan sudah anda lakukan dan sangat stabil tapi tak jarang kondisi tubuh yang tak memungkinkan juga bisa membuat anda terpaksa membatalkan niat berpuasa. Apabila hal tersebut terjadi pastinya anda tak perlu memaksakan diri dan janganlah anda sekali-kali untuk mengabaikan adanya gejalan hipoglikemia, apa saja itu? Seperti kepala pusing, keringat dingin dan pandangan berkunang-kunang. Ada baiknya anda memulihkan kondisi tubuh terlebih dahulu sebelum berpuasa lagi agar di hari berikutnya bisa lebih matang.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan

Sebuah ancaman yang paling sering dialami oleh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah Dehidrasi. Jadi ada baiknya anda mencukupi kebutuhan cairan anda dengan memperbanyak konsumsi air putih, kuah sayur serta jus buah saat nanti berbuka puasa ataupun sahur. Jika asupan cairan kekurangan maka bisa sangat berbahaya bagi penyandang diabetes karena itu bisa memicu terjadinya pengentalan darah bahkan penyumbatan aliran darah.

5. Atur Jadwal Sahur

Cobalah untuk menyantap hidangan sahur anda saat nanti mendekati waktu imsak jika diperlukan segeralah mengakhiri puasa begitu waktu berbuka tiba agar asupan cepat terpenuhi. Itulah cara untuk mengatur lalu lintas asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh saat sedang berpuasa.

0 komentar:

Poskan Komentar