Rss

Rabu, 17 Juli 2013

Tips Sehat Makan Saat Sahur dan Berbuka


Siapa bilang puasa itu malah bikin kita loyo? Itu sama sekali tidak, memang seringkali orang-orang mengkonsumsi multi vitamin saat makan malam untuk mengembalikan energi di keesokan harinya akan tetapi itu semua tidak perlu dilakukan.

Asalkan anda bisa menerapkan pola makan yang seimbang tentunya bisa menjalani ibadah puasa lebih lancar tanpa bolong. Janganlah sembarang mengkonsumsi makanan, seringkali saya melihat ketika orang berbuka puasa apa saja yang bisa dimakan langsung masuk ke dalam mulut. Padahal dengan cara itu malah membuat kita tidak sehat, ada jenis makanan yang harus dikonsumsi juga bisa membantu anda dalam menahan diri dengan godaan rasa lapar dan haus:


1. Cobalah dari yang mendasar dengan mencukupi kebutuhan cairan, perbanyaklah konsumsi cairan saat sahur dan berbuka karena dehidrasi sangat berbahaya bagi tubuh. Jangan pikir hanya air yang mengandung cairan karena masih banyak lagi seperti jus, susu ataupun hidangan-hidangan yang berkuah seperti sup, soto dan sayur. Usahakan untuk langsung meminum segelas air saat berbuka puasa untuk membantu dalam meregenaris pemulihan tubuh kita.

2. Vitamin adalah salah satu yang anda tak bisa lupakan karena ini untuk  memelihara stamina kita sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga cobalah untuk menyertakan buah-buahan yang banyak mengandung vitain seperti stroberi, jeruk, kiwi, pisang, dll. Pisang adalah yang penting karena ini merupakan sumber dari vitamin A, B1, B2 dan juga vitamin C. Buah ini sangat ideal bagi orang yang sedang berpuasa karena dapat membantu dalam mengurangi resiko produki asam lambung dan memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh. Selain itu jika tidak suka mengkonsumsi buah secara langsung bisa diaplikasikan ke jus buah dan jika bisa saat sahur mengkonsumsi buah-buahan yang sudah di potong.

3. Kurangi Kafein. Kopi dan juga teh adalah minuman yang mengandung kafein dengan sifat diuretik sehingga dapat meningkatkan pengeluaran cairan dari dalam tubuh. Saat anda berpuasa seharusnya memelihara keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh untuk menghindari dehidrasi, sebaiknya apabila ingin minum cobalah untuk mengkonsumsi minuman yang bisa memelihara daya tahan tubuh seperti yang terbuat dari Jahe.

4. Cobalah untuk pintar memilih karbohidrat yang kompleks, konsumsilah nasi merah, singkong, jagung, ubi, kedelai, tempe, tahu, dll. Karbohidrat kompleks sendiri membutuhkan waktu cerna yang lebih lama sehingga bisa mendatangkan rasa kenyang lebih lama sekaligus mengontrol level gula gula darah.

0 komentar:

Poskan Komentar