Rss

Selasa, 12 Maret 2013

Siapa Mesin Pencari Pertama di Internet?

Mungkin jika berbicara tentang mesin pencari di internet pasti anda selalu mengingat dengan Google, jika punya pertanyaan yang anda tak bisa menjawab pasti tanya google bahkan jika anda disuruh mencari tugas di internet ujung-ujungnya tanya google.

Karena sekarang ini memang sangat mudah dan instant mendapatkan sesuatu tinggal pasang layanan internet di rumah anda tinggal mencari apapun di internet yang anda inginkan.

Akan tetapi selain google juga ada yang gak kalah terkenal lainnnya seperti Yahoo! Search, Wikipedia dan Bing. Selain itu ada juga nama Alta Vista sama Ask Jeeves. Dan selain itu juga ada Search Engine yang pernah ada sebelum mereka-mereka.


Bahkan bisa dibilang ini adalah nenek moyangnya jawabannya adalah Archie, Archie adalah ide dari seorang mahasiswa McGill University di Montreal bernama Alan Emtage. Archie dibuat tahun 1990, satu tahun sebelum adanya halaman web benar-benar mudah dipakai hingga sekarang.

Pada saat itu Search Engine sangat sulit untuk digunakan dan tak seperti yang sekarang ini dengan mudah anda gunakan. Archie lebih mengarahkan mencari file dalam berbagai server di dalam jaringan berdasarkan nama filenya saja.

Dulu browser dengan basis World Wide Web (www) belum ada dan layanan internet juga jarang yang memakai hingga penggunaan internet juga masih sangat terbatas bahkan dulu alamat url untuk archie saja " archie.rcm.edu.pl ".

0 komentar:

Poskan Komentar