Rss

Senin, 09 Juli 2012

Belajar Basket Dengan Mudah? Bagaimana Caranya?



Hallo para pembaca, siapa sih yang tidak kenal dengan olahraga basket? hampir semua orang pasti tau kan? Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya kepada para pembaca yang belum bisa bermain agar jadi bisa bermain dengan teman-teman di sekitar anda. Ingin belajar basket bersama saya dengan mudah? Berikut cara latihan dasar untuk para pebasket pemula:

1. Dribble yang benar

  1. Anda harus bisa men-dribble bola dengan tangan kanan atau kiri sampai benar-benar menguasainya.
  2. Jangan menundukkan kepala saat men-dribble bola. Pandangan seorang pebasket harus selalu mencari posisi yang tepat untuk menghindari sergapan lawan dan mengoper bola ke tim mainnya. Jadi, bukan fokus ke arah bola.
  3. Setelah menguasai dribble, anda harus belajar melakukan pertahanan. Sebab, jika hal ini tidak bisa anda lakukan, bola akan mudah direbut oleh lawan. Caranya, tangan kiri rata dengan dada menjulur ke arah lawan sehingga lawan tidak bisa mengambilnya.

2. Shooting yang benar

  1. Pegang bola dengan kedua tangan agar tembakan dapat terarah dengan baik.
  2. Setelah itu angkat bola sampai di depan muka, tetapi agak ke atas sedikit. Lalu arahkan bola ke ring. Pastikan bola diarahkan ke arah ruang segi empat di area jaring basket dan kedua kaki mengarah ke posisi ring basket.
  3. Shooting dengan menggunakan tangan kanan. tangan kiri hanya untuk mengarahkan saja.
  4. Ketika melempar bola, tenaga harus datang dari kedua kaki, bukan tangan. Tubuh harus mengikuti gerak menembak. Latihan menembak harus sering anda lakkan. Sebab, sehebat apapun defender (pemain penahan) menjaga anda sewaktu ppertandingan, ini tidak akan banyak menolong anda.

3. Passing

  1. Anda harus selalu siap, dan tidak hanya asal cepat mengoper bola ke teman. Namun, harus dapat memperkirakan apakah teman anda nanti bisa menangkapnya.
  2. Jika ada lawan yang menghalangi jalan, pastikan anda mengarahkan teman kemana mereka akan berlari agar mereka tidak terlambat sewaktu menangkap bola operan.
  3. Sehabis mengoper bola, anda harus terus bergerak agar siap untuk bermain lagi. Jika bisa, anda berdiri dekat ring basket agar teman dapat mengoper bola lagi.
  4. Sewaktu teman memegang bola, jagalah jalur lemparan agar mereka mudah mengoper bola ke arah anda.

4. Rebounding

  1. Anda harus bisa menjauhkan bola dari jaring selagi bola mental sewaktu rebound. Jika tidak, lawan anda akan memiliki kesempatan untuk merebut bola.
  2. Menjauhkan bola paling penting sewaktu anda dalam posisi bertahan. Anda juga harus tahu waktu lawan bermain bertahan.
  3. Saat tembakan ke jaring terjadi, anda harus cepat-cepat mendekat ke jaring supaya bisa memasukkan bola.
  4. Rebounders yang bagus biasanya ahli mengalihkan bola. Dengan begitu, rekan satu tim punya kesempatan merebut bola jika anda tidak dapat menguasainya.

0 komentar:

Poskan Komentar