Rss

Senin, 10 Maret 2014

Fenomena Dan Sejarah Selfie Sejak Tahun 1800-an


Menurut kamus besar Universitas Oxford, Selfie adalah aksi atau kegiatan memotret diri sendiri yang dilakukan dengan Handphone aatu Kamera. Demam Selfie kini sedang banyak digandrungi banyak orang, kini semua orang berlomba-lomba untuk melakukan kegiatan ini kemudian mengiploadnya ke jejaring sosial media.

Layaknya sebuah Taruhan Bola, saking populernya Selfie bukan saja kalangan biasa yang terkena demam berfoto seperti ini tetapi kalangan public pigure dan pejabatpun tertarik untuk berfoto selfie dan mempublishnya ke berbagai media sosial.


Sebut saja foto selfie presiden Barack Obama yang diambil ketika saat pemakaman Nelson Mandela yang mendulang kontroversi, atau foto selfie Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono bersama perdana menteri Malaysia yang sempat menghebohkan public.

Di dunia selebritas, Selfie juga menjadi sebuah penomena tersendiri. Sebut saja penyanyi muda yang sedang naik daun Ariana Grande dan Miley Cyrus yang memiliki puluhan bahkan ribuan foto-foto selfie di akun Instagramnya.

Selain kedua selebritas tersebut, aksi Selfie pun turut memeriahkan pagelaran 86 Tahun Academy Awards 2014 beberapa waktu yang lalu.

Acara yang berlangsung pada tanggal 2 Maret di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, California, A.S ini menampilkan sebuah aksi selfie dari Ellen DeGeneres bersama rekan-rekannya yang mendulang rekor Twitter dengan diRetweet lebih dari 3 Juta pengguna hanya dalam waktu kurang dari 24 Jam.

Menelusuri sejarahnya, ternyata aksi berfoto diri atau Selfie sudah ada sejak zaman dahulu yakni pada abad ke-19. Seorang warga negara asing bernama Robert Cornelius dipercaya adalah yang pertama kali melakukan aksi berfoto tersebut melalui perangkat elektronik pada tahun 1839.

Memasuki tahun 1900-an, demam Selfie ternyata kembali digandrungi oleh beberapa kalangan. sekitar tahun 1950-an, ditemukan ada dua buah foto yang memiliki karakteristik layaknya Selfie yang di ambil di negara Skotlandia.

Foto pertama adalah foto yang diambil di kota Niam, Skotlandia yang memperlihatkan sesosok anak lelaki yang sedang memotret dirinya sendiri di depan sebuah cermin. Sedangkan foto kedua juga mssih menggunakan cermin sebagai pantulan objeknya hanya saja foto yang kedua ini diambil di sebuah rumah di kawasan Broughty Ferry, Skotlandia.

Foto-foto fenomenal yang sempat menghiasi pemberitaan di situs Jasa desain interior kantor ini kini disimpan di Kantor Pengarsipan Skotlandia sebagai salah satu koleksi.

0 komentar:

Poskan Komentar