Rss

Kamis, 12 Desember 2013

Tips Mengolah Mie Instan & Bahayanya Bagi Kesehatan


Banyak kalangan masyarakat yang sangat menyukai makanan-makanan yang berbau instan. Instan disini berarti tidak memerlukan waktu yang lama di dalam pengolahannya.

Selain enak, makanan instan juga sangat mudah untuk di dapatkan. Selain itu juga untuk mendapatkannya tidak memerlukan pengeluaran yang besar.

Salah satu makanan instan yang sangat digemari oleh banyak orang adalah Mie. Mie Instan adalah sebuah makanan yang terbuat dari terigu yang memiliki kandungan aditif seperti Natrium Karbonat, Tartazine, serta Natrium Polifostat. Mie tidak lah dilarang untuk dikonsumsi, terlebih sekarang Mie sudah bisa ditemui di begitu banyak kedai-kedai bahkan restoran.

Meskipun tidak dilarang, namun beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tidak baik jika Mie terlalu sering untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan mie mengandung zat-zat yang tidak baik bagi kesehatan, bahkan beberapa orang juga menyebutkan bahwa Mie adalah salah satu penyebab dari kanker, usus buntu, serta rusaknya jaringan otak.


Meskipun sudah banyak kesaksian dan penelitian yang menunjukan bahaya dari Mie Instan, masih saja banyak orang yang mengkonsumsi makanan yang satu ini. Bahkan, dari mereka tak jarang menjadikan nasi sebagai menu utama di dalam suatu masakan.

Bagi Kalian yang sangat menyukai Mie Instan, ada baiknya mengolahnya dengan benar. Hal tersebut dapat meminmalisir bahaya dari mie instan itu sendiri.

Menurut beberapa situs makanan yang juga menyediakan Tiket ke Medan, berikut tips memasak Mie instan yang benar.

1. Mencampur bumbu Mie

Mie Instan begitu nikmat untuk disajikan, terlebih jika dicampurkan dengan bumbu-bumbu yangt sudah ada di dalam kemasannya. Seperti bumbu penyedap, minyak, cabai, dan beberapa jenis sayuran kering.

Namun, demi meminimalisir resiko yang ditimbulkan oleh Mie instan, jangan sekali-kali untuk mencampurkan bumbu-bumbu tersebut ketika mie sedang dimasak. Hal ini karena, di dalam bumbu tersebut terkandung beberapa zat yang berbahaya yang akan semakin aktif bila dimasak di dalam suhu yang tinggi.

2. Tiriskan Mie

Bagi sebagian orang Mie sering di tiriskan apabila mereka sedang memasak mie yang tanpa kuah (Goreng), hal tersebut berbanding terbalik dengan Mie yang berjenis Kuah.

Untuk mie kuah, sebaiknya ketika mie sudah matang tiriskan mie terlebih dahulu sebelum di bumbui. Begitu juga dengan air sisa perebusannya, untuk menambahkan kuahnya anda bisa memakai air panas yang baru.

Hal ini dapat meminimalisir bahaya yang terkandung di dalam air sisa perebusan yang ternyata mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh.

3. Jangka Waktu

Begitu banyak orang yang sangat menyukai Mie instan. Bagi anda yang sangat menyukainya, usahakan memberikan jangka waktu untuk mengkonsumsinya.

Beri jangka waktu sekitar tiga hari untuk mengkonsumsinya lagi, hal ini dikarenakan Mie adalah jenis makanan yang lama untuk dicerna di dalam tubuh. Akan sangat berbahaya apabila anda terlalu instens mengkonsumsi Mie instan itu sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar