Rss

Kamis, 01 November 2012

Mengenal Beberapa Pengertian dan Juga Jenis Majas Pengulangan




Majas bisa disebut juga gaya bahasa yang dimanfaatkan sebagai hiasan kalimat sehingga didalam kalimat mendapatkan efek-efek tertentu secara khas.

Berikut ini adalah beberapa pengertian sekaligus jenis majas pengulangan:

1. Majas Aliterasi

Majas seperti ini merupakan majas yang dimaksudkan untuk mengulangi konsonan pada sebuah kata atau kalimat.

2. Asonansi

Majas ini merupakan majas yang refetisi untuk mengulangi vokal pada sebuah kata atau kalimat dan biasanya majas seperti ini dipergunakan untuk memaksimalkan puisi untuk mendapatkan efek penekanan.

3. Antanaklasis

Majas seperti ini cukup sulit untuk dipahami, belajar bahasa merupakan hal yang tepat untuk mempelajari majas yang satu ini. Majas ini merupakan majas yang dipergunakan untuk mengulangkan kata yang berbeda dan juga makna yang berbeda.

4. Metafora

Majas ini sudah sering didengar, majas tersebut merupakan majas yang membandingkan dua hal, biasanya metafora juga disebut sebagai majas perbandingan.

5. Antitesis

Majas ini merupakan majas yang mengandung beberapa ide pokok yang bersitenggang, biasanya majas ini dipakai untuk meluapkan kesan positif tapi kalimat negatif.


Jika di sebutkan secara terperinci tentang majas, anda pasti akan merasa bosan dan tidak ingin membacanya lagi. Jadi dengan adanya artikel singkat tentang majas pengulangan ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin belajar seputar majas.

0 komentar:

Poskan Komentar