Rss

Minggu, 12 Agustus 2012

Aktivitas Kantor Bikin Sakit?


Hallo para pembaca, pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya kita bisa tetap sehat meski dengan aktifitas kita yang berada di belakang meja kantor. Kerja terus di kantor bikin kita jadi stress? Ingin liburan pergi ke salon atau nonton tim bola favorit seperti Juventus?

Ya itu semua fantasi kita masing-masing, tapi kita tetap di tuntut pekerjaan. Tapi jangan sampai kerja di belakang meja bikin kita jadi sakit. Beberapa orang memilih alternatif untuk mengonsumsi multi vitamin karena kita terlalu sibuk sampai-sampai lupa untuk berolahraga. Jadi saya membuat artikel ini untuk berbagi kepada para pembaca sekalian bagaimana caranya untuk berolahraga ringan di meja kantor.

Ingin tahu caranya? Simak cara-caranya pada artikel berikut :

- Mempraktikkan postur tubuh yang baik
Postur tubuh yang baik seharusnya tegak, bahu ditarik ke belakang dan bagian atas monitor harus sejajar dengan mata. Jika harus melihat monitor ke arah bawah atau atas, maka perlu menyesuaikan ketinggian dari layar atau kursi agar sejajar. Serta pastikan pergelangan tangan tidak menggantung di atas keyboard atau mouse pad.

- Melakukan latihan peregangan secara teratur
Latihan pergangan yang dilakukan untuk tangan, kaki, leher dan dada bisa dilakukan sambil duduk seperti berikut ini:

  1. Leher: secara perlahan gerakan kepala maju mundur, dari sisi ke sisi dan melihat kanan kiri. Hal ini bisa dilakukan kapan saja untuk mengurangi ketegangan dan tekanan. Tapi sebaiknya jangan membunyikan leher karena bisa menyebabkan kerusakan sendi leher. 
  2. Pergelangan tangan: putar-putar pergelangan tangan secara teratur setiap jam atau lebih. Putarkan pergelangan tangan sebanyak 10 kali searah jarum jam, kemudian 10 kali dengan arah berlawanan. Hal ini bisa membantu mencegah Carpal Tunnel Syndrome, terutama jika menghabiskan banyak waktu untuk mengetik.
  3. Bahu: putarkan bahu ke depan sekitar 10 kali lalu lakukan kebalikannya (mundur). Hal ini bisa membantu melepaskan ketegangan dari bahu. Sedangkan untuk lengan dan bahu bisa dengan cara melebarkan tangan selebar bahu, lalu tautkan kedua tangan ke depan sambil mendorong maju bahu dan siku mendekati meja.
  4. Pergelangan kaki: putarlah pergelangan kaki seperti halnya pergelangan tangan sebanyak 3 kali searah jarum jam, lalu bergantian dengan arah berlawanan. Hal ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya kesemutan akibat sirkulasi darah terpotong.
  5. Dada: lakukan latihan ini jika sering membungkuk di depan keyboard. Bukalah tangan lebar-lebar seolah-olah ingin memeluk seseorang, lalu putar pergelangan tangan secara eksternal (posisi jempol naik turun) lalu tarik bahu kembali. Peregangan ini akan menggerakkan tubuh ke arah berlawanan dengan bungkuk dan Anda harus merasakan regangan yang baik pada dada bagian atas.
  6. Perut: peregangan bisa dengan cara menarik otot perut lalu menahannya selama beberapa detik kemudian lepaskan. Ulangi langkah ini setiap beberapa menit sepanjang hari. Selain itu bisa juga melakukan senam Kegels (latihan dasar panggul) sambil duduk.
Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih...

0 komentar:

Poskan Komentar