Rss

Kamis, 26 Juli 2012

Cara Sehat Dengan Mudah!



Hanya dengan mendengar fiber atau serat, makan anda pasti terbayang menfaatnya terhadap sistem pencernaan. Bahkan bisa di bilang serat merupakan cara terbaik untuk memperbaiki kesehatan pencernaan.

Namun para ahli menyatakan ada banyak alasan sehat lain untuk menyukai serat meski alasan-alasan itu seringkali diabaikan.

"Manfaatnya jauh lebih besar dari sekedar pencernaan," ungkap Karen Ansel, ahli diet terdaftar sekaligus jubir Academy of Nutrition and Dietetics dan salah satu penulis buku The Calendar Diet: A Month by Month Guide to Losing Weight While Living Your Life.

"Serat akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan itu bertahan lebih lama serta membantu Anda mengatasi diabetes," katanya.

Serat juga telah menunjukkan mampu mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar kolestrol darah.

"Dalam pikiran saya, serat merupakan salah satu nutrisi yang paling diremehkan," tambahnya," ujar Ansel.

Untuk mendapatkan manfaat - manfaat itu, Institute of Medicine merekomendaikan setiap individu makan 14 gram serat untuk setiap 1000 kalori makanan, yang berarti sebagian besar orang setidaknya harus mendapatkan 25-40 gram serat perharinya.

Namun seperti di laporkan National institute of Helath, orang - orang cenderung mendapatkan asupan serat di bawah ukuran yang di rekomendasikan itu seperti halnya rata-rata orang orang amerika yang hanya mendapatkan 14 gram serat perharinya padahal sudah banyak multi vitamin yang menyediakan berbagai serat di dalamnya.

Untungnya, hanya dengan sedikit perencanaan dan pengetahuan, maka anda bisa memasukkan serat dalam diet anda dengan relatif mudah.

Jangan terpaku pada roti gandum, sayuran maupun oatmeal saja. Simak juga 7 Sumber makanan yang berserat tinggi :

1.Kacang
"Setiap orang selalu memikirkan sayuran, buah-buahan atau gandum utuh ketika ditanya soal makanan berserat tinggi, namun kacang memiliki dampak yang sangat kuat," ujar Jessica Crandall, ahli diet terdaftar dan jubir Academy of Nutrition and Dietetics. Misalnya, seperempat mangkuk kacang almond mengandung 4 gram serat.

2. Kacang Polong Beku
"Sumber serat tersembunyi lainnya adalah kacang polong beku," kata Ansel.

"Secangkir kacang polong matang mengandung sekitar 4 gram serat," lanjutnya. "dan makanan ini sangat mudah didapatkan."

3. Biji Chia (Chia Seed)
"Biji chia merupakan sumber serat yang sangat baik karena mengandung serat larut dan serat tidak larut," ungkap Ansel yang menambahkan bahwa hanya satu sendok makan biji chia mengandung 6 gram serat.

4. Bawang Merah
"Bawang merah mengandung inulin, serat yang dapat larut dalam air yang membantu menurunkan kadar kolesterol," jelasnya.

5. Bulgur
"Jika Anda ingin mengonsumsi biji-bijian sebagai sumber serat, salah satu pilihan terbaiknya adalah gandum jenis bulgur yang memiliki kandungan 8 gram serat per cangkirnya," ujar Ansel.

6. Buah Kiwi
Menurut Ansel, tak banyak orang yang berpikir tentang buah kiwi yang sebenarnya mengandung 2 gram serat dan rasanya manis.

Yang istimewa dari buah ini adalah manfaatnya yang besar dan mudah didapat anda juga bisa membantu agar anda bisa melakukan perawatan muka sendiri. Anda cukup menyiapkan buah didalam tas anda untuk asupan serat harian.

7. Apel
"Segala jenis makanan yang mengandung 3 gram serat dianggap sebagai sumber serat yang baik, namun sumber yang luar biasa terletak pada makanan yang mengandung minimal 5 gram serat," ujar Crandall.


Baca juga artikel lainnya di :



0 komentar:

Poskan Komentar