Rss

Minggu, 03 Juni 2012

Belajar Visual Basic

Hallo para pembaca. Selamat datang ke blog saya lagi. Para pembaca suka bermain dengan komputer? Tertarik pada hal komputer. Suka memakai banyak software? Dan sekarang anda sedang penasaran bagaimana membuatnya? Pada postingan kali ini saya ingin membagikan tips dan trik yang mudah dalam pembuatan software. Ya, salah satunya adalah dengan menggunakan Visual Basic 6. Anda pernah dengar tentag Visual Basic sebelumnya? Anda ingin belajar visual basic?
Visual basic adalah sebuah program pembuat software. Sebelumnya mari kita kenali dulu apa itu software dan jenis-jenis software.

Software atau perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
  1. Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
  2. Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
  3. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  4. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  5. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
  6. Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
  7. Perangkat lunak gratis (freeware)
  8. Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)
  9. Perangkat lunak perusak (malware)
Kali ini kita akan bahas " Visual Basic : Program Hello World ", ini merupakan program pertama yang saya buat denga Visual Basic. Biasanya untuk mengawali belajar programing saya memulainya dengan membuat program dengan output Hello world. Untuk lebih familiar dengan visual basic saya sertakan image tampilan Visual Basic 6.0





Dari tampilan IDE visual basic 6.0 diatas kita lihat terdapat Menu bar,Tool bar, Form (lingkarang hijau),Tool box (lingkarang Merah), Project Explorer (Lingkaran hitam),Property (lingkarang biru), dan Form layout (seperti gambar monitor di bawah property).

* Menu bar adalah sederetan menu yang dipakai dalam pembuatan project

* Form digunakan untuki meletakkan komponen komponen yang anda butuhkan dalam mendesain tampilan dalam desain time.

* Tool box adalah komponen/objek yang paling sering di gunakan dalam visual basic ini

dan yang lainnya,,,

nah untuk membuat program hello world menggunakan visual basic ini pertama kita harus buka terlebih dahulu Aplikasinya yaitu visual basic 6.0 setelah itu akan tampil seperti gambar di bawah ini



kemudian pilih standard Exe, setelah itu anda akan di suguhkan tampilan seperti gambar pertama

kemudian kita tinggal mendesain tampilan seperti gambar di bawah ini

Tool box yang di beri lingkarang merah namanya Label dan disini label tsb kita gunakan untuk membuat kata " Klik pada button Klik"

Tool box dengan lingkaran kuning namanya text box objek tsb kita gunakan untuk membuat kotak teks (teks box)

dan tool box dgn lingkaran hijau namanya commandbutton objek tsb kita gunakan untuk membuat button klik....

untuk mengedit setiap objek kita lakukan di properties.

setelah selesai mendesain tampilan saatnya kita menuliskan programnya dengan klik kanan pada form >View Code,, contohnya seperti gambar ini

setelah itu akan tampil project form code seperti di bawah ini
anda perhatikan yang di beri lingkaran,,, bila belum sama pastikan sama seperti itu dan nanti akan tampil dengan sendirinya script seperti di bawah

Private Sub Command1_Click()

...........................

..........................
End Sub

lengkapi scrip tersebut agar seperti ini

Private Sub Command1_Click()
Text1.Alignment = vbCenter
Text1.Text = "Hello World...."
Text1.ForeColor = RGB (255, 0, 0)
End Sub

keterangan :

* Text1 (dalam program) diambil dari tex box yang kita buat pertama sehingga namanya text1 (bisa anda rubah jika mau), karena di tex box itulah yang akan keluar kata Hello world, sehingga dalam program harus di tuliskan objek tersebut supaya di kenali dimana letak teks akan tampil bila tombol button klik di klik.

* Aligenment = untuk perataan kalimat. dalam script ini saya menggunakan center sehingga teks yang tampil pada contoh tex box berada di tengah.

* perintah Text = untuk menampilkan kata/hasil (output) pada objek dalam contoh ini yaitu pada (tex box)

* perintah ForeColor = untuk memberikan warna pada Objek dalam contoh ini yaitu kata " Hello world" dengan ketentuan RGB atau Red (merah),Green (hijau),Blue (biru). pada contoh script diatas saya memberikan angka 255 pada R/Red sehingga nanti outputnya (Hello world) akan berwarna merah.

setelah selesai coba anda jalankan program anda dengan menekan tombol f5, nanti hasilnya mirip seperti ini. kemudian klik tombol button klik maka akan tampil kata " 
Hello world"


Ingin belajar hal lainnya? Ikuti pembelajaran Tung Desem Waringin disini!

0 komentar:

Poskan Komentar