Rss

Rabu, 08 Januari 2014

Cerita Unik Dibalik Maskot - Maskot Piala Dunia



Piala Dunia 2014 akan segera digelar. Kali ini giliran negara Samba Brazil terpilih untuk menjadi tuan rumah dari pagelaran yang megah tersebut.

Pertandingan akbar yang diikuti oleh klub klub dari seluruh dunia ini merupakan salah satu pertandingan yang paling ditunggu tunggu oleh para pecinta bola dan para pecinta Taruhan Bola dari seluruh penjuru dunia.

Di setiap pagelaran Piala Dunia, bukan saja tuan rumahnya saja yang selalu menjadi perhatian, tetapi Maskot dari Event tersebut jugalah yang selalu ditunggu tunggu kehadirannya. Dengan perbedaan dari setiap Maskot, menjadikan moment Piala Dunia sebagai ajang unjuk gigi bukan saja dari segi Sportivitas tetapi dari segi Kreativitas yang mencirikan bahwa Maskot tersebut adalah sebuah lambang kebesaran dari negara tersebut.

Berikut, beberapa beberapa Maskot Piala Dunia dan cerita dibalik terpilihnya Maskot Maskot tersebut.


1. Footix

Maskot yang berbentuk Ayam Jantan ini adalah sebuah Maskot pada pagelaran Piala Dunia 1998 yang berlangsungt di negara Prancis. Ciri khas dari maskot ini adalah memiliki warna biru yang menjadi warna kostum Tim Nasional Prancis.

Dengan tulisan 'FRANCE' di dadanya, Maskot ini merupakan sebuah benda yang membawa keberuntungan tersendiri bagi Timnas Prancis. Hal tersebut dikarenakan pada Piala Dunia tersebut, sang tuan rumah berhasil membawa pulang Tropi kemenanga dengan berhasil menumbangkan Brazil pada babak Final.



2. Ato, Kaz and Nik 

Pada pagelaran Piala Dunia 2002 yang berlangsung di negara Korea dan Jepang, terpilih tiga buah maskot yang memiliki karakter unik. Jika biasanya maskot selalu berbentuk hewan yang melambangkan negara tuan rumah, berbeda halnya pada maskot ini yang merupakan sebuah makhluk hasil rekayasa Komputer.

Ketiga maskot yang memiliki warna Orange, Biru, dan Ungu ini merupakan para pemain 'Atmoball' dimana Ato adalah seorang pelatih, sementara KAZ dan Nik adalah para pemainnya.

Maskot ini sempat mencuri perhatian dunia karena memiliki bentuk dan karakter tersendiri dan berbeda dari maskot maskot yang lainnya.




3. Goleo VI dan Pille

Setelah sebelumnya hewan singa digunakan sebagai maskot Piala Dunia 1966, pada pagelaran Piala Dunia 2006 yang berlangsung di negara Jerman, sosok sang raja hutan ini kembali dipercaya sebagai maskot bersama sebuah bola yang bisa bicara.

Maskot tersebut bernama Goleo yaitu singa berbulu coklat yang memakai Jersey Timnas Jerman dan Pille, sebuah bola mungil yang sangatlah cerewet.

Meskipun sempat menuai kontroversi karena pemilihan hewan Singa yang dianggap bukanlah lambang dari negara Jerman namun Maskot ini tetaplah menjadi maskot terbaik sepanjang pagelaran Piala Dunia.



4. Zakumi

Tidak jauh berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, pada Piala Dunia 2010 yang berlangsung di negara Afrika selatan pun terpilih sosok Maskot berbentuk Leopard yang menjadi salah satu bagian pada event akbar tersebut.

Zakumi adalah maskot yang memiliki arti 'Za' yang merujuk pada negara Afrika Selatan itu sendiri, semantara 'Kumi' memiliki arti sepuluh. Sepuluh disini adalah jumlah bahasa yang biasa digunakan di negara tersebut.



5. Fuleco

Pada Piala Dunia 2014 yang akan berlangsung di negara Brazil mendatang, sebuah maskot berbentuk Armadillo bernama Fuleco akan menyemarakan pertandingan bergengsi tersebut.

Maskot berbentuk trenggiling ini melambangkan sosok dari negara Brazil yang kuat dan tangguh. Selain itu, Trenggiling merupakan hewan asli dari Brazil yang kelangsungan hidupnya semakin terancam punah.


Nama Fuleco berasal dari bahasa Portugis yang memiliki arti 'Ful' yang berarti Football, dan 'Eco' yang berarti Ekologi. Selain menjadi maskot Piala Dunia, Fuleco juga memiliki tujuan untuk mengajak masyarakat sekitar lebih mencintai dan meningkatkan kesadaran akan betapa pentingnya lingkungan dan ekologi.



0 komentar:

Poskan Komentar